LK 3.1 Menyusun Best Practices
NELI
GUSLINA
Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan
Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)
Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran
Lokasi
|
SMAS
KARYA BHAKTI BUKITTINGGI |
Lingkup
Pendidikan |
Sekolah
Menengah Aliyah |
Tujuan
yang ingin dicapai |
Meningkatkan
pemahaman siswa terkait fungsi sosial, unsur kebahasaan dan struktur teks
analytical exposition |
Penulis
|
Neli
Guslina |
Tanggal
|
25
Agustus 2022 |
Situasi: Kondisi
yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk
dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini. |
Latar
belakang siswa yang ada di SMAS Karya Bhakti adalah mereka yang datang
kesekolah sebahagian besar bukan karena keinginan utama dari diri mereka
sendiri (disuruh orang tua, dikeluarkan disekolah negeri, tidak naik kelas di
sekolah sebelumnya, bertujuan hanya untuk mendapatkan selembar kertas bernama
ijaxah) membuat mereka tidak tertarik dan berminat dalam belajar terlebih
bahasa inggris yang membahas teks monolog analitikal yang bagi mereka cukup
panjang dan membosankan. Kesulitan yang mereka hadapi berupa 1.
Teks terkadang tidak familiar bagi anak 2.
Malas membaca jika teks yang disajikan panjang 3.
Mereka cepat jenuh dalam pembelajaran Kondisi
ini diperparah dengan guru belum menggunakan media dan model pembelajaran
yang menarik bagi siswa. Peran
guru dan tanggung jawab 1,
guru kurang mampu merancang pembelajaran yang inovatif dengan melibatkan
media yang sesuai dengan materi dan karakter peserta didik |
Tantangan : Apa
saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang
terlibat, |
Setelah
dilakukan identifikasi masalah dengan cara wawancara dengan peserta didik,
maka tantangan yang terjadi adalah: 1.
Siswa tidak tertarik membaca teks 2.
Teks yang disajikan asing bagi mereka 3.
Siswa sekolah hanya untuk selembar kertas ijazah 4.
Siswa kehilangan kepercayaan diri karena kasus
disekolah sebelumnya (dikeluarkan karena berkasus, tinggal kelas, sekolah
hanya untuk mencari ijazah) Tantangan
dari sisi peserta didik ini sangat berdampak pada proses pembelajaran
dikelas. Ada juga tantangan yang ada disekolah seperti: 1.
Faktor guru dalam pemilihan media ajar yang kurang
menarik 2.
Kurangnya pemanfaatan TPACK dikelas 3.
Model pembelajaran yang belum relevan dengan
kebutuhan peserta didik 4.
Suasana kelas yang kurang nyaman bagi peserta
didik. Tantangan
ini yang menyebabkan seorang guru harus melewatinya dengan berbagai cara
seperti menerapkan media yang sesuai dengan gaya belajar siswa serta model
pembelajaran yang tepat Yang
terlibat dalam kegiatan ini adalah guru bahasa inggris dan siswa kelas XI IPS
di SMAS Karya Bhakti Bukittinggi |
Aksi : Langkah-langkah
apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang
digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber
daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini |
Tantangan
yang ada diatas harus segera diselesaikan dengan baik oleh seorang guru
profesional, diantaranya : 1.
Berkaitan dengan media ajar Guru bisa menggunakan media
konkrit yang ada idsekitar mereka sehingga peserta didik bisa lebih mengenal
media yang ada. Kemudian bisa juga dikolaborasikan dengan media berbasis
TPACK sehingga peserta didik lebih mudah memahami materi yang disampaikan. Kali
ini guru menggunakan media pembelajaran power point dan juga video 2.
Berkaitan dengan model Guru akan menggunakan model
pembelajaran based learning dan memahami semua sintax yang ada mulai dari
tahap/langkah 1 sampai tahap/langkah akhir yang dituangkan dalam kegiatan
pembuka, inti dan penutup 3.
Berkaitan dengan penilaian Guru akan menilai secara
keseluruhan dari ranah kognitif, afektif, psikomotor. Tentunya instrumen yang
lengkap mulai dari kisi-kisi pembuatan soal, indikator ketercapaian setiap
ranah, dan rubrik penilaian untuk melengkapi penilaian akhir. 4.
Berkaitan dengan kondisi ruangan Guru bisa mendisain ruangan
dengan baik mulai dari kebersihan, kerapian, dan keindahan sehingga peserta
didik nyaman berada didalam kelas |
Refleksi
Hasil dan dampak Bagaimana
dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya
efektif? Atau tidak efektif? Mengapa?
Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang
menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang
dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut |
Dampak
dari penerapan media power point dan penggunaan video berbasis TPACK yang
diimplementasikan dengan model pembelajaran problem based learning akan
membuat siswa mudah memahami fungsi sosial, unsur kebahasan dan struktur teks
analitikal exposition serta semangat dalam proses pembelajaran karena saat
proses pembelajaran peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok dan saling
bekerja sama. Dengan
menggunakan model problem based learning ini peserta didik lebih mudah dan
aktif dalam proses memahami teks karena mereka akan saling berdiskusi dan
tukar pendapat dari pada model pembelajaran konvensional ceramah. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar